Kamis, 17 Mei 2012

Kamis, Mei 17, 2012

 يجب حمل كلام الله تعالى على المعروف من كلام العرب دون الشاذ والضعيف والمنكر
Wajib hukumnya memahami kalam Allah berdasarkan kepada ucapan arab yang populer, tidak aneh, lemah ataupun munkar.
       Dalam menafsirkan al-Qur`an haruslah berdasarkan kepada makna populer yang digunakan oleh orang arab sendiri. Tidak makna yang aneh, lemah atau munkar bagi kalangan Arab.
       Termasuk dalam hal ini adalah menggunakan makna yang sudah populer digunakan dimasa turunnya Al-Qur`an dan hadits Rasulullah. Bukan makna yang muncul pada masa berikutnya. karena Allah Swt berbicara dengan orang Arab dengan bahasa, tradisi dan kebiasaan yang sudah berlaku. Sehingga apabila ada seseorang yang menafsirkan al-Qur’an dengan kata, makna atau istilah baru, maka secara sadar dia mengira bahwa Allah Swt telah berbicara di luar konteks, di luar bahasa orang Arab dimasa turunnya al-Quran. Sudah tentu penafsiran semacam ini batil dan tidak dapat dipertanggung jawabkan.
       Contoh penafsiran sesat terhadap QS. An-Nisa`: 36: وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَبِذِي الْقُرْبَى وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينِ وَالْجَارِ ذِي الْقُرْبَى وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْبِ وَابْنِ السَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُورًا (36) . Dimana kata (وَالْجَارِ ذِي الْقُرْبَى ) sebagai hati dan (وَالْجَارِ الْجُنُبِ ) sebagai tabiat  dan (وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْبِ ) sebagai akal yang mengikuti sytaret dan (وَابْنِ السَّبِيل) sebagai anggota tubuh yang taat kepada Allah.
       Termasuk juga orang yang mengartikan syura dalam al-Qur`an dengan sistem demokrasi !!?
Atau (السَّائِحُونَ ) dalam surah at-Taubah: 112  dengan para pelancong. Padahal yang benar adalah orang – orang yang berpuasa.
Tulisan ini disadur dan disampaikan dalam perkuliahan Qawaid Tafsir di Pondok Shabran oleh  Dr. Hasan el-Qudsy, M.A., M.Ed.

0 komentar:

Posting Komentar

thank you for your comment (شكرا)

  • Assalamu'alaikum wahai saudaraku kaum muslimin
  • Blog ini diperuntukkan sebagai media menyebarkan ilmu
  • Perjuangan menuju kemuliaan